Internasional Telecomucation Union


Latar Belakang

International Telecommunication Union (Union internationale des telekomunikasi, dalam bahasa Perancis) adalah badan khusus PBB yang bertanggung jawab untuk teknologi informasi dan komunikasi. ITUmengkoordinasikan penggunaan global bersama dari spektrum radio, mempromosikan kerjasama internasional dalam menentukan orbitsatelit, bekerja untuk meningkatkan infrastruktur telekomunikasi di negara berkembang dan menetapkan standar di seluruh dunia.

            ITU juga menyelenggarakan pameran di seluruh dunia dan regional danforum, seperti ITU TELECOM DUNIA, menyatukan perwakilan daripemerintah dan industri telekomunikasi dan ICT untuk bertukar ide, pengetahuan dan teknologi.

            ITU aktif di daerah termasuk internet broadband, generasi terbaruteknologi nirkabel, penerbangan dan kelautan navigasi, radio astronomi,berbasis satelit meteorologi, konvergensi fixed-mobile telepon, akses Internet, data, suara, siaran TV, dan generasi berikutnya jaringan.

            ITU berbasis di Jenewa, Swiss, adalah anggota dari Grup United Nations Development [1] dan keanggotaannya mencakup 193 negara anggota dan Anggota Sektor sekitar 700 and Associates.
ITU SECTORS
            ITU terdiri dari tiga sektor, masing-masing mengelola aspek yang berbeda dari hal-hal yang ditangani oleh Uni, serta ITU Telecom:

Komunikasi radio (ITU-R)
     Mengelola spektrum frekuensi radio internasional dan sumber dayaorbit satelit merupakan inti dari pekerjaan ITU Komunikasi Radio Sektor(ITU-R).
Standarisasi (ITU-T)
     Standar pembuatan ITU upaya yang paling terkenal - dan tertua -kegiatan; dikenal sebelum tahun 1992 sebagai Telepon Internasional danTelegraph Consultative Committee atau CCITT (dari nama Perancis"Comité consultatif internasional téléphonique et télégraphique")
Pembangunan (ITU-D)
     Didirikan untuk membantu akses yang adil, berkelanjutan dan terjangkau menyebar ke teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
ITU TELECOM
     ITU Telecom menyelenggarakan acara besar bagi dunia ICTmasyarakat. ITU Telecom World 2011 adalah HUT ke-40 ITU Telecomdengan acara pertama di tahun 1971.

Sebuah Umum Sekretariat permanen, dipimpin oleh Sekretaris Jenderal, mengelola pekerjaan sehari-hari Uni dan sektor tersebut.


Rumusan Masalah
·         Bagaimanakah pengertian dari ITU ?
·         Apa tujuan didirikanya ITU ?
·         Terdiri dari Negara apa saja di Keanggotaan ITU ?










1.    Pengertian ITU / Internasional Telecomunication Union

International Telecommunication Union (ITU; dalam bahasa Perancis: Union internationale des télécommunications, dalam bahasa Spanyol:Unión Internacional de Telecomunicaciones) adalah sebuah organisasi internasional yang didirikan untuk membakukan dan meregulasi radio internasional dan telekomunikasi. ITU didirikan sebagai International Telegraph Union di Paris pada tanggal 17 Mei 1865. Tujuan utamanya meliputistandardisasi, pengalokasian spektrum radio, dan mengorganisasikan perjanjian rangkaian interkoneksi antara negara-negara berbeda untuk memungkinkan panggilan telepon internasional. Fungsinya bagi telekomunikasi hampir sama dengan fungsi UPU bagi layanan pos. ITU merupakan salah satu agensi khusus PBB, yang bermarkas di Jenewa, Switzerland, di samping gedung utama kampus PBB.
ITU juga menyelenggarakan pameran di seluruh dunia dan regional dan forum,seperti ITU TELECOM DUNIA, menyatukan perwakilan dari pemerintah danindustri telekomunikasi dan ICT untuk bertukar ide, pengetahuan dan teknologi.

            ITU aktif di daerah termasuk internet broadband, generasi terbaru teknologi nirkabel, penerbangan dan kelautan navigasi, radio astronomi, berbasis satelitmeteorologi, konvergensi fixed-mobile telepon, akses Internet, data, suara,siaran TV, dan generasi berikutnya jaringan.

ITU berbasis di Jenewa, Swiss, adalah anggota dari Grup United Nations Development [1] dan keanggotaannya mencakup 193 negara anggota dan Anggota Sektor sekitar 700 and Associates.


ITU terdiri dari tiga sektor:
·         Komunikasi Radio (ITU-R) - memastikan penggunaan optimal, adil dan rasional darifrekuensi radio (RF) spektrum
·         Telekomunikasi Standardisasi ( ITU-T ) - merumuskan rekomendasi untuk standardisasi operasi telekomunikasi di seluruh dunia
·         Pengembangan Telekomunikasi (ITU-D) - negara membantu dalam mengembangkan dan mempertahankan operasi komunikasi internal

2.    Misi Dan  Tujuan ITU

Misi ITU adalah untuk memungkinkan pertumbuhan dan pembangunan berkelanjutan jaringan telekomunikasi dan informasi, dan untuk memfasilitasiakses universal sehingga orang di mana-mana dapat berpartisipasi, dan merasakan manfaat dari, masyarakat informasi muncul dan ekonomi global. ITUmembantu dalam memobilisasi, sumber daya teknis keuangan, dan manusiayang diperlukan untuk membuat visi ini nyata.

     Selama 20 tahun terakhir, ITU telah mengkoordinasikan usaha-usahapemerintah dan industri dan sektor swasta dalam pengembangan sistembroadband global telekomunikasi internasional mobile multimedia, yang dikenal sebagai IMT. Sejak tahun 2000, dunia telah melihat pengenalankeluarga pertama standar yang berasal dari konsep IMT. Sejak Mei 2007, ada lebih dari 1 miliar IMT-2000 pelanggan di dunia [rujukan?] IMT-Advanced menyediakan platform global untuk membangun generasi selanjutnya darilayanan mobile -. Cepat akses data, unified messaging dan multimediabroadband - dalam bentuk yang menarik layanan interaktif baru.

     Prioritas utama dari ITU adalah menjembatani apa yang disebut "kesenjangan digital" dengan membangun informasi yang memadai dan aman daninfrastruktur komunikasi dan mengembangkan kepercayaan diri dalam penggunaan dunia maya melalui keamanan online yang disempurnakan.


ITU juga berkonsentrasi pada penguatan komunikasi darurat untuk pencegahan bencana dan mitigasi, terutama di daerah kurang berkembang. 

3.    Anggota Negara ITU

International Telecommunication Union- terdiri dari Negara - negara anggota :

Anggota negara-negara ITU adalah 192 dari 193 negara anggota PBB dan Kota Vatikan.
Pengamat:. Wilayah Palestina 
Bukan anggota adalah: Palau (negara-satunya anggota PBB untuk tidak menjadi anggota), Republik Cina (Taiwan) yang diblokir dari keanggotaan[rujukan?] Oleh Republik Rakyat Cina tetapi akhirnya diberi daftar kode negara itu sebagai "Taiwan, Cina", [7] Kepulauan Cook, Niue, dan negara-negara dengan pengakuan terbatas.
Anggota paling baru untuk bergabung adalah Sudan Selatan, yang menjadi anggota pada tanggal 14 Juli 2011. [8]
Keanggotaan ITU terbuka kepada pemerintah, yang dapat bergabung dengan Uni sebagai negara anggota, serta organisasi-organisasi swastaseperti operator, produsen peralatan, dan badan keuangan, organisasi penelitian dan pengembangan dan organisasi telekomunikasi internasional dan regional, yang dapat bergabung ITU sebagai non-suara AnggotaSektor.




Kesimpulan

The International Telecommunication Union (ITU) adalah sebuah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang tujuannya adalah untuk mengkoordinasikan operasi dan layanan telekomunikasi di seluruh dunia.
ITU menetapkan dan menerbitkan peraturan dan standar yang relevan dengan komunikasi elektronik dan teknologi penyiaran dari semua jenis termasuk radio, televisi, satelit , telepon dan internet . Organisasi melakukan kelompok kerja, kelompok belajar dan pertemuan untuk mengatasi masalah saat ini dan masa depan dan untuk menyelesaikan sengketa. ITU mengatur dan memegang pameran dan forum yang dikenal sebagai Global TELECOM setiap empat tahun.
Aspek penting lain dari mandat ITU adalah membantu negara-negara berkembang untuk membangun dan mengembangkan sistem telekomunikasi mereka sendiri. Meskipun rekomendasi dari ITU tidak mengikat, sebagian besar negara mematuhi mereka dalam kepentingan menjaga lingkungan komunikasi elektronik internasional yang efektif.

Sumber :
·         http://whatis.techtarget.com/definition/International-Telecommunication-Union-ITU

0 Responses to “Internasional Telecomucation Union”

Post a Comment